• Image Alt

Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Kuliah Umum Bersama MNC Group

Yogyakarta – Dunia televisi tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Itu sebabnya, industri televisi tumbuh dengan dinamis dan membuat banyak orang ingin menjadi bagian di dalamnya.

Kendati menjadi tontonan sehari-hari namun bagaimana sebenarnya perkembangan dan peluang kerja di bidang broadcasting selalu menjadi topik pembicaraan yang menarik untuk dikaji. Semangat itulah yang tampak dalam Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta bersama MNC Group  dengan tema “Prospek Kerja di Dunia Televisi’ di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta, Babarsari (30/09).

Pihak MNC Group yang diwakili Manajer Produksi RCTI Untung Pranoto dan GM Marketing RCTI Sukma Yulius Archie menyampaikan bagaimana alur kerja produksi beberapa program unggulan stasiun televisi swasta tertua di Indonesia tersebut. “Bekerja di televisi umumnya membutuhkan waktu yang panjang. Sebagai contohnya untuk tayangan ulang tahun yang on air selama beberapa jam saja membutuhkan waktu perencanaan selama 3 bulan. Itu sebabnya bekerja di industri ini membutuhkan passion yang kuat,” papar Untung. Selain passion, kreativitas yang tinggi juga menjadi syarat yang mutlak. Tren tanyangan televisi yang cepat berganti membuat setiap tim kreatif harus selalu berpikir dan menemukan ide-ide baru. “Sedikit saja kita merasa nyaman dan aman dengan program yang sudah tayang maka saat itu juga kita berpeluang digeser oleh stasiun televisi yang lain,” papar Sukma.

Acara yang diikuti oleh mahasiswa baru Prodi Ilmu Komunikasi ini juga diselingi dengan tanya jawab. Beberapa penanya mengkritisi kondisi pertelevisian Indonesia yang dinilai semakin keluar dari prinsip-prinsip tanggung jawab sosial. Menjawab hal ini, Untung mengatakan bahwa hingga kini pihaknya masih memegang prinsip tersebut. “Setiap stasiun televisi memiliki value. Nilai-nilai moral itulah yang masih kami pegang hingga kini,” jelasnya.

Kaprodi Ilmu Komunikasi, Dr. Subhan Afifi mengatakan bahwa prodi memang bermaksud untuk menjalin kerjasama dengan industri televisi . “Kami ingin lebih dalam menjajaki peluang kerjasama dalam hal konten lokal di televisi dan menyiapkan SDM lulusan yang siap diserap industri. Hal yang cukup melegakan adalah mahasiswa kami yang magang di MNC Group selama ini performanya memuaskan dan terlibat dalam program-program yang besar seperti ulang tahun RCTI beberapa waktu lalu,” ucapnya. 

Selain kuliah umum, MNC Group juga menggelar job fair sejak Senin (29/09) lalu yang terbuka untuk umum.