Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Studi Banding Periklanan di Thailand

Yogyakarta- Sebagai salah satu kiblat dunia periklanan di Asia Tenggara, Thailand adalah tempat yang baik bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk belajar dan melihat dari dekat proses kreatif agensi di negeri ini. Atas dasar itulah, Prodi Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Periklanan menggelar acara Studi Ekskursi Goes to Bangkok pada 12-18 Agustus mendatang.

Tiga belas mahasiswa dengan 3 dosen dalam delegasi akan mengunjungi agensi periklanan Leo Burnett dan Asia Life serta Faculty Communication Arts Chulalongkorn University. Tidak hanya itu, mahasiswa juga melakukan analisa terhadap pemanfaatan iklan pada media luar ruang di pusat kota Bangkok. Studi Ekskursi dengan tema “Raising Creative Competence through Experience Sharing in Creative toward ASEAN Economic Community Era” tersebut menjadi penting karena mahasiswa perlu tahu apa yang menjadi tantangan dan peluang bidang industri kreatif.

Salah satu dosen yang turut mendampingi kegiatan ini M. Edy Susilo, M.Si mengatakan bahwa mahasiswa memang harus banyak diajak belajar di luar melihat bagaimana implementasi teori yang telah diajarkan di kampus. Menurutnya, dunia industri kreatif yang melaju sangat kencang harus segera dilihat sebagai bagian dari dinamika dunia periklanan. “Apalagi pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN mobilitas pekerja kreatif cukup tinggi sehingga dari sekarang mahasiswa harus menyadari tantangan tersebut,” paparnya. Sebagai akademisi, Edy juga ingin melihat bagaimana implementasi kurikulum yang diterapkan Chulalongkorn University sebagai input bagi proses belajar mengajar di tanah air. Selain Edy, dosen lain yang akan mendampingi adalah Retno Hendariningrum, M.Si serta Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn, M.Ds.

Wakil Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Ir. Singgih Saptono, MT dalam sambutannya saat pelepasan mahasiswa ke Bangkok kemarin mengatakan bahwa setelah mengikuti Studi Ekskursi diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan ilmunya selama di Bangkok kepada mahasiswa di UPN “Veteran” Yogyakarta lainnya. “Sharing pengalaman adalah hal yang paling penting agar terdapat transfer pengetahuan antar civitas akademika,” ujar Singgih.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr. Subhan Afifi menuturkan bahwa prodi selalu mendukung kegiatan mahasiswa beriorientasi masa depan. Industri kreatif dan periklanan yang menjadi bagian didalamnya adalah hal yang kini menjadi fokus prodi. “Kami mendorong mahasiswa berpikir visioner, berwawasan luas serta memiliki attitude yang baik. Dengan melihat langsung bagaimana etos kerja agensi periklanan di luar negeri saya berharap motivasi mahasiswa menjadi lebih terpacu,” ucapnya. 

Sementara itu, selain mengunjungi agensi periklanan, delegasi ini juga akan mengikuti upacara bendera 17 Agustus di KBRI Bangkok.